Rabu, 22 Oktober 2014

jenuh



Mungkin saya lelah, itu yang selalu dikatakan jika kamu mempunyai masalah atau sedang berada ditik yang namanya kejenuhan.jenuh akan rutinitas yg monoton, jenuh dengan pekerjaan, jenuh akan suasana jalan. Lelah dengan permasalahan yang ada. Kadang kala kita lelah dengan semua itu. Kadang juga bosan menjalani semua rutinitas itu. Tapi ini hidup lelah tidak lelah, jenuh tidak jenuh tapi semua itu harus berjalan.
Jika semua itu datang kepadaku maka aku akan bilang hai lelah yang besar aku mempunyai kekuatan yang jauh lebih besar dari lelahku. Dan pergilah jauh-jauh dariku karena semua lelahmu percuma datang kepadaku karena semua itu akan percuma tidak akan pernah mengganggu kekuatanku.
          kadang orang-orang bilang aku jenuh dengan suasana kerjaan yang itu-itu saja, saya bosan dengan ini itu bla bla bla, tapi tidak sadarkah kalian masing banyak yang belum bekerja dan ingin bekerja seperti kalian tapi mereka tidak mengeluh, ssooo jangan pernah mengeluh dan nikmati semuanya ini sebuah proses yang harus dilewati setiap langkah-langkahnya.
Percuma juga kita mengeluh, tak ada gunanya masalah itu tetap datang, masalah itu akan tetap kita jalani, masalah itu harus kita hadapi. Karena Tuhan membenci orang-orang yang selalu mengeluh. Tuhan menciptakan masalah agar umatnya selalu bertaqwa kepadaNya bukannya malah menyalahkan Tuhan. Selalu menghujat, dan selalu mengeluh.
Mereka selalu berkata “Hai Tuhan aku jenuh, aku capek, aku lelah, dengan masalah yang ada aku tidak kuat dengan semua ini” dan kata Tuhan “Aku menciptakan masalah supaya kalian bertambah taqwa kepadaku, aku tak akan mengujimu diluar batas kemampuanmu, aku memberimu masalah aku juga memberimu solusi untuk memecahkan masalah itu, tergantung kamu menyikapi semua itu dan mencari jawaban akan masalahmu itu”.

Selasa, 21 Oktober 2014

bertemu kamu (lagi)

Jika kamu mempunyai keinginan entah keinginan itu berupa dapat kerjaan yang baru, ketemu jodoh atau ketemu mantan masa lalu kamu maka km harus terus menerus mengucapnya dalam hati agar semua itu terwujud.
Karena ada yang bilang entah 1 atau 2 atau bisa bertahun-tahun lamanya keinginan yg kamu tulis atau km ucapkan nantinya akan terwuju, entah itu sesuai dengan keinginan kita atau dengan cara yang lain kita dipertemukan hal itu.
Mungkin ini pengalaman yang tak pernah terduga dalam hidup aku, bukan pengalaman yang wah sih, tapi mungkin karena faktor rindu kepada seseorang yang ada dimasa lalu, yyaaa masa lalu yang seharusnya dikubur dalam dan cukup menjadi kenangan yang pernah ada dihidup kita. Seseorang yang sampai saat ini belum bisa dilupakan, mungkin kata orang kalo kita belum bisa melupakan masa lalau kita berarti kita belum bisa move on tapi menurut aku sih ga begitu
Jika kita masih ingat dengan seseorang yg ada dimasa lalu bukan berarti kita belum bisa move on, bukan seseorangnya yg kita rindukan tapi moment-moment yang pernah kita lewati yang belum bisa dilupakan bahkan kebiasaan-kebiasaan yang pernah kita lalui bersama.
Entah mengapa akhir-akhir ini bayangan dia selalu muncul dalam ingatan, bahkan memunculkan keinginan gila, ingin tiba-tiba bertemu dengan dia disaat aku pulang kantor atau bertemu disuatu tempat atau bahkan distasiun disaat menunggu kereta yang sama atau dia sudah berada dikereta tersebut. Karena dulu aku muali dekat dengan dia didalam kereta dari pondok cina menuju tebet.
Tanpa diduga sebelumnya pagi-pagi dia ngechat lewat "line" baru bangun tidur ngecek hp dan tau-tau dia ngechat indahnya weekend pada saat itu dan hari itu hari sabtu tgl 18 oktober 2014, berawal dari komen foto hingga ujung-ujungnya ngechat pengen dating kerumah dan berakhir dia main kerumah,
ini isinya chatnya antara aku dan dia yyiihhaaaa; IH: DIA; R: AKU
IH: udah nikah lu? udah pas banget tuh fotonya
R: belum, itu pas nikahan sodara nunggu lo dulu yg nikahan
IH: oh gue kira lu udh nikah, nunggu mulu gak bosen apa haha
R: belumlah kerja aja baru, pacar aja ga ada mau nikah ma sapa hohoho, ga lah kenapa bosen? kan nunggu kabar baik, hohoho
IH: iyaudh gk usah pacaran langsung nikah aja makin gemuk aja kayanya lu
R: hahaha lo ngomongin nikah mulu jangan2 lo lagi yg ngebet pengen dinikahin gara2 liat raffi nagita kemarin kwkwkw, wweeiittss saorry ya udh kurusan sih, walau ga sekurus lo hohoho
IH: emang raffi nikah ya? kawin dlu ajaa laah, turun berapa kilo emangnya?
R: lha kan kemarin disiarin ditipi, pacaran mulu si lo makanya ga tau, yeee ayam kali ah kawin dulu, 6kg hohoho
IH: gue mah sibuk nyari sesuap nai kali, masa sih gk percaya gue, ga pergi lu sama keluarga weekend gini
R: emang nasi ngialng kemana kok dicari? Percaya sama gue ya lo sesat hoho, ga gw mau kondangan nyokap dan bokap juga mau kondanga, lha lo weekend ga jalan sama cewek lo kalo ga keluarga lo kan lo sibuknyari sesuap nasi
IH: iseng aja gue sih sebenernya, iya biar lu seneng lah kondangan sendirian lu? yaa ampun, kan gue mau jalan sama lu masa lupa sih
R: Seneng apaan nih? Ga sendiri sih berdua sama soulmate gue si merah hohoho, oooowwww iya lupa gw tapi maaf ya ga bisa kan gw ada acar sendiri gw juga bilang ya, ya udh deh
IH: seneng2in ajalah, oh gitu yaudh cukup tau aja deh
R: iya aja deh suka2 lo, udh cukup tau kan? Ya udh kalo gitu *emo siip*
IH: sombong banget sih sekarang
R: Sombong giman sih? Perasaan biasa aja deh
IH: oia pasar tambun dari rumah lu jauh gk sih?
R: ga jauh sih tapi sekarang jalannya kalo dari pasar tambun ditutup, kenapa?
IH: lho ditutup kenapa, temen gue rumahnya deket situ ada acara dari rumah lo jauh ga sih?
R: lagi dibangun underpass dideket stasiun tambunnya, rumah temen lo dmn?
IH: katanya dijalan yg jalan baru gitu yang depannya kali
R: jalan baru mah amsih bekasi nu, yang deket kali
IH: oh itu masih dibekasi yah, oh ya kali yah nanti gue Tanya lagi deh, sekalian main ketempat lu sih kalo boleh itu juga, lu ada dirumah jam berapa emang?
R:okey deh, jam 2an paling gw sampe rumah, emang lo mau acaranya jam berapa? Main aja bawa oleh2 tapinya yak hahahaha
IH: kalo bawa oleh2, guenya dikasih oleh2 balik ga? Hahaha, abis dari acara temen gw mampir ketempat lu aja deh abis zuhur nih gue mau kesana yaah kalo jadi gw kabarin kalo ga jadi yah ga  ada kabar
R: iya kabarin aja
IH: No lu berapa? Tes WA gue deh
R: Nih nomer gw 0899******, kan nomer gw dihapus hhuuuuu
IH: engga diapus gue ada no lu yg lama kayanya deh
R: nomer gw ga ganti kok masih sama
IH: oh foto lu kota tua yee
R: iya ditu dipake adek kalo ga salah
IH: berarti ga gue hapus kan
R: iya deh iya
IH: gue mah gk pernah ngapus orang yg gue sayang kali
R: dduuuhh segitunya jawabnya hahhaaha
            Dan chat itu berakhir siang hari, kemudian jam 2an dia ngasih kabar lagi kalo dia jadi kerumah kerumah, aku sih nunggu antara cemas dan ga nyangka dan berusaha cuek sih, secara udh lama juga ga ketemu sih sekitar 1 tahun lebih. Ga tau dia seperti apa masih kurus atau udh gemukan apa makin kurus
            Kemudian dia ngasih kabar kalo dia udh didepan rumah dan taarrraaa dia jadi main kerumah. Ga tau rasanya sata itu antara seneng, sedih, susah, plong atau apalah campur-campur udh kaya gado2.
            Akhirnya aku bisa ketemu dia juga setelah lama ga ketemu dan bisa ngobrol panjang dan lebar, mungkin karena udh lama ga ketemu kali ya ada aja yg diobrolin dan waktu juga terasa cepet banget tau-tau udah ashar.
            Yang paling seneng adalah dia menjadi imam pas solat ashar, padahalu dulu waktu masih pacaran boro-boro dia mau jadi imam, solat aja sendiri-sendiri tapi kemarin pas bilang “solat bareng ya? Lo jadi imam”. Kata dia “mau banget apa mau aja, ya udh cepet wudhlu guw tungguin”. Kemudian aku wudlu terus solat bareng, indah banget hari itu sampe senyum-senyum sendiri semaleman bahkan efeknya sampai keesokan harinya
            Yang paling mengejutkan adalah sambutan dari nyokap itu begitu hangat banget pas dia main kerumah kaya nyambut anaknya yang baru pulang dari perantauan, diajak ngobrol santai, bertukar pikiran ada aja yang diobrolin. Sampe ga berasa waktu sore tiba
R: “Gue ambilin dulu oleh-oleh buat lo, bokap bawa dari Pontianak” lalu aku beranjak dari tempat duduk
IH: “Ga usah gw bencanda kali”
R:” ga papa” sambil ngomong dari dapur
            Aku taruh dimeja oleh-olehnya dimasukin dalam tas plastik breadtalk yang tadi dia bawa, dan isinya udh aku masukin kekulkas karena ininya cake yang tidak bisa kena suhu ruangan yang cukup panas
R: “Nih bawa ya?”
IH: “Ga ah gue bercanda doing kali, gw kesini niatnya mau silaturahmi ga mau tukeran oleh-oleh”
R: “Lo takut kan ketahuan sama nyokap lo habis dari rumah cewek apa takut ketahuan sama cewek lo hohohoho
IH: “Ga ah biasa aja”
R: “Udah bawa aja, gw taruh dimotor ya” aku beanjak dari tempat duduk dan mau ketmapt motornya
IH: “Gue bilang ga usah ya ga usah, udah deh ga usah repot-repot” dia mencegah aku naruh dimotornya dan melentangkan tangannya seolah-olah mau meluk aku tapi aku mencoba menameng badan aku biar ga bisa dipeluk sama dia kalau sampai itu terjadi makin deg-degan aja aku hehehe
            Setelah itu nyokap keluar dari kamar habis solat dan mau keluar mau kerumah tetangga dan diapun sekalian berpamitan pulang. Nyokap Cuma mesen “ hati-dijalan dan sering-sering lagi main kesini ya sukses buat kerjaannya sekarang dan ditunggu undangannya jangan lupa undangannya kalo udh saatnya”.
IH: “Amin tante, Insyaallah, undangan apa sih tan? Ga ngerti deh”
Mama: “Aduh udh gede pasti tau maksud tante apa, udh tante keluar dulu ya mau main sama anak tetangga seharian ga ketemu dia kangen hehehe, hati-hati ya nak km dijalan” lalu mama keluar dan jalan kerumah tetangga
            Dia siap-siap buat pulang. Seolah-olah dia masih betah apa Cuma perasaan aku doing yang kaya gitu karena dulu biasanya dia udh pamitan ya langsung tancap gas dan kemrin dia ga seperti itu, dia masih ngajak ngobrol dan seolah-olah waktu itu pas buat ngobrol kurang dan masih ingin ngajak ngobrol.
R:”Udah sana pulang buruan, keburu sore ntar macet kan tau sendiri ini sabtu kalo sabtu-sabtu gini kalo udh macet ga ada obatnya”
IH:”Ngusir nih ceritanya? Ya udh deh gw balik”
R:” bukan ngusir tapi takut kemaleman aja hati-hati lo dijalan sampe rumah ngabarin, biasanya nyokap nanyain”
IH :”Bilang aja gw udh sampe rumah, gitu aja oke-oke nanti gw kasih kabar”
R :”okey deh”
            Lalu dia jalan buat pulang, entah apa yang aku rasain hari itu cukup aku yang bisa rasain, betapa senengnya dia bisa main lagi dan bertemu lagi. Dan tanpa diduga dia bawa kue blackforest dan red velvet dari breadtalk padahal gue ga begitu suka kuenya tapi mau gimana lagi namanya juga dikasih ya dimakan aja dinikmati.
            Semoga next aku bisa ketemu lagi sama dia disuasana yang jauh lebih baik, disuasana hati yang sudah berubah tanpa ada cinta lagi untuk dia tanpa ada rasa ingin memiliki lagi tanpa ada embel-embel apapun itu tentang persaan aku terhadap dia.
            Dan berharapa dia masih peka kalo aku masih sayang sama dia, masih mempunyai rasa yang dalam untuk dia dan dia masih ada porsi didalam hatiku. Entah jadi apa dia nanti didalam hidupku sahabat, teman, saudara, mantan, atau pasangan hidupku kelak tapi yang pasti dia sudah mendapatkan tempat yang abadi didalam hati.

Senin, 21 Juli 2014

masa lalu

Semua orang pernah jatuh dan terpuruk dan sakitnya itu bisa membuat orang sampai merasa ingin mati ketika tau orang yang kita sayangi dan kita cintai sepenuh hati malah menghianati.
tapi bagaimana cara kita untuk bangkit kembali dan beusaha untuk menyembuhkan luka itu tergantung dari kitanya.
ada yang pernah bilang jika kita jatuh kita harus berusaha untuk bangkit secepatnya dan bisa membantu bantuan dari orang lain sehingga kita bisa bangkit dengan cepat.
tapi bagaimana jika luka itu terlalu dalam dan kita terjatuh terpuruk begitu dalam? apa bisa secepat itu kita bisa bangkit?
mungkin orang hanya bisa bicara " km harus bisa bangkit dan move on dari masa lalu kamu, dia itu ga baik untuk kam bla bla bla" tapi kenyataan yang menjalani itu susah.
berkali-kali mencoba berbagai tips dari media sosial tetap saja tidak bisa.
pada akhirnya hanya kita sendiri yang bisa mengembuhkan luka itu, dan mencoba untuk bangkit dari keterpurukan, jika terjatuh lagi terus mencoba dan terus mencoba orang lain hanya bisa menjadi penyemangat dan memberi dukungan saja.

Sabtu, 09 November 2013

mantan kekasihku

Aku terpaksa menangis
Aku terpaksa merintih
Cahayaku semakin redup
Memilukan
kau masih bisa ku lihat
Suaramu masih ku dengar
Namun kenyataan ini, mengharukan
Seseorang disana telah memilikimu
Aku kan berdosa bila merindukanmu
Oh mantan kekasihku
Jangan kau lupakan aku
Bila suatu saat nanti kau merindukanku
Datang… (cepat) datang padaku

Sabtu, 29 Juni 2013

STRUKTUR STORAGE, SISTEM MULTITASKING, SISTEM UNIPROGRAMING, dan SISTEM KOMPUTASI BATCH



Struktur Storage
·         Main memory :


    •   Media penyimpanan, dimana CPU dapat melakukan akses secara langsung


·         Secondary storage :


    • Tambahan dari main memory yang memiliki kapasitas besar dan bersifat nonvolatile


·         Magnetic disks 
    •  Metal keras atau piringan yang terbungkus material magnetik
    •  Permukaan disk terbagi secara logikal dalam track, yang masing-masing terbagi lagi dalam sector 
    • Disk controller menentukan interaksi logikal antara device dan komputer


Hirarki Storage
1.        Hirarki sistem storage, diorganisasikan dalam bentuk :
    •  Kecepatan
    • Biaya
    • Volatilitas
2.       Caching
    • Penduplikasian informasi ke dalam sistem storage yang cepat dapat dilakukan melalui cache pada secondary storage

Multitasking
Multitasking adalah pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan. Sebagai contoh, jika seseorang sedang menyetir, bertelepon lewat ponsel, dan sambil merokok secara bersamaan, maka orang tersebut melakukan multitasking.


Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer. CPU komputer dapat menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang dikerjakan tergantung pada instruksi yang diberikan oleh software komputer. Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Saat ini, berbagai software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking.

Sistem Unit Programming
kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu. Di dalam sistem, sebuah program dijalankan dalam CPU sampai terjadi suatu interupsi seperti permintaan masukan. Pada saat program meminta masukan, program berikutnya yang telah di muat dalam memory akan di jalankan sampai terjadi interupsi. Ketika pemrosesan interupsi telah berakhir, kontrol dikembalikkan ke program yang telah diinterupsi. Siklus seperti ini diulang sehingga program-program yang telah dimuat memory utama akan diproses secara bergantian.
    
Sistem Konputasi Batch
Sistem batch,
1.          program-program pengguna ditampung bersama-sama (secara offline) dengan pengguna lainnya dan kemudian diserahkan ke sistem operasi oleh operator komputer.
2.          program diselesaikan, hasilnya dicetak dan dikembalikan ke pengguna.
3.          sistem batch murni sudah jarang ditemukan saat ini.

Pengertian dari Akses Input - Output, Pendektesian Pengenalan dan Pelaksanaan Program


Yaitu alat yang digunakan untuk menerima masukkan data dan program yang akan diproses di dalam computer.Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :



Contoh alat device input :

a.Keyboard

digunakan untuk memberikan masukan (input) ke dalam komputer, dimana masukan (input) tersebut dapat berupa data atau perintah yang dimasukkan dengan cara mengetikkannya langsung pada keyboard.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.


c. Scanner
Scanner adalah alat masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya gambar atau teks tersebut dapat ditambah, ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke dalam harddisk dan media penyimpanan lainnya, dalam format file teks, dokumen, dan gambar. Jika dilihat dari segi fungsinya scanner ini mirip seperti mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya langsung dicetak pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat ditambah, dikurangi, dimodifikasi dan tidak dapat disimpan dalam media penyimpanan. Sedangkan scanner hasilnya langsung ditampilkan melalui monitor, dan hasil tersebut dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi dan dapat disimpan dalam media penyimpanan.


d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.


f. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.


g. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

i. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.


* PROSES DEVICE

Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut denganmicro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick. Kecepatanprocessor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt. Perkembangannyaprocessor yang pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino(Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program.


a. ALU ( Arithmetical Logical Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan adderkarena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :

- Sama dengan (=)
- Tidak sama dengan ( <> )
- Kurang dari ( < ) - Kurang atau sama dengan dari ( <= ) - Lebih besar dari ( > )
- Lebih besar atau sama dengan dari ( >= )


b.CU ( Control Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian tugas dari Control Unit ini adalah :

Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output

Mengambil instruksi-instruk dari memori utama

Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses

Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU

Menyimpan hasil proses ke memori utama. Fungsi peralatan yang terdapat dalam CPU dibagi menjadi 3 Macam yaitu :



a.Peralatan Proses ( Process Storage)
Peralatan Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.
1.) Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik fungsi komputer tersebut.
2.) Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.
5.) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang, Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :

Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.

Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.

Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.

Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM tersebut, data yang diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam input storage, bila data dalam bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam program storage, dan bila dalam bentuk data dan hasil pengolahan data maka akan dimasukkan ke working storage, kemudian sebelum data akan ditampilkan atau output maka akan disimpan ke dalamoutput storage.

Terdapat beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :

1. FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.

2. EDO RAM ( Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz

3. BEDO RAM (Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki kecepatan lebih dari 66 MHz.
4. SD RAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.

5. RD RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

6. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

* OUTPUT DEVICE (Alat keluaran)

Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam empat macam bentuk sebagai berikut.

- Tulisan
- Image
- Suara

Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker


a.Monitor
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.

Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT). Dengan teknik scan-nya (raster scan technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi pospor. Pospor ini akan bersinar apabila ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat dibentuk pada layar monitor.

Begitu banyak dan cepatnya sinar ataupun spot yang terbentuk dari hasil penembusan sinar elektrone yang diikuti oleh pembakaran phospor, maka yang nampak dipermukaan seperti halnya pola huruf Z yang bergerak-gerak. Pola seperti ini disebut sebagai “raster pattern”

Pada monitor jenis monochrome ataupun composite, hanya terdapat satu sinar elektrone yang menembus phospor, sehingga pada monitor jenis ini hanya bisa menampilkan satu warna saja, yaitu hitam putih atau hijau hitam. Sedangkan untuk monitor berwarna, terdapat tiga titik yang bisa menghasilkan warna merah, biru dan hijau jika ditembus oleh sinar elektrone. Koordinasi yang dikendalikan oleh komputer dalam menembus titik inilah yang menghasilkan gambar berwarna pada monitor.

- Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan


b. Printer
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix
Ink jet

Laser
Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020

c. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.

d. Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.


* VEKTOR DISPLAY

Gambar Vektor tersusun atas objek garis, kurva, bentukan(shape) dan memiliki atribut seperti : isian warna, isian tekstur, garis tepi. Atribut objek elemen gambar vektor dapat diubah ukurannya, bentuknya, warnanya, secara individual tanpa menurunkan kualitas gambar. Masing - masing objek tersebut terwujud dari hasil pemetaan koordinat dan persamaan matematis. Maka, gambar vektor tidak akan “pecah” dan berkurang kualitasnya jika diubah ukurannya secara keseluruhan.

Contoh gambar vektor adalah ilustrasi, kartun, dan text. Dari uraian itu, gambar vektor bersifat resolution independent.

Contoh : Jika anda menggunakan Browser Mozilla Firefox coba tekan CTRL + berkali-kali untuk memperbesar ukuran, maka akan terlihat bahwa Text tidak mengalami penurunan kualitas Warna, sedangkan objek gambar akan terlihat kotak-kotak bergerigi bahkan buram.

Warna pada gambar vektor memang lebih banyak bersifat solid. Gradasi warna(chrome) dan nada(tone) tidaklah sekaya jika dibandingkan dengan gambar bitmap yang bersifat photo realistic. Beberapa perangkat lunak pengelola gambar vektor seperti corelDraw kini telah dapat menyimulasikan transparansi dan peleburan (blending) antar lapiran elemen gambar(layer).

Beberapa contoh format gambar vektor adalah : CDR(CorelDraw), AI(Adobe Illustrator), CMX(Corel Exchange), CMG(Computer Graphic Metafile), DXF(AutoCAD), dan WMF(Windows Media File).

Metafile adalah format gambar vektor yang dapat menyimpan elemen bitmap, misalnya isian tekstur bitmap. Sampai saat ini web masih didominasi format gambar bitmap. Beberapa format vektor yang mulai banyak didukung dunia web, misalnya SWF(Adobe Shockware Flash) dan SVG(Scalable Vektor Graphic) yang berbasis bahasa pemograman XML(eXtensible Markup Language). Kedua format ini mendukung gambar statis maupun animasi 2 dimensi.

Pengubahan gambar bitmap ke gambar vektor(tracing) saat ini telah mampu dilakukan perangkat lunak pengolah gambar vektor seperti CorelDraw, Corel Trace, Adobe Flash, dan lain-lain. Jika ingin mengkonversi vektor ke bitmap(rasterisasi), sebaiknya tetap menyimpan format vektornya untuk mempertahankan kulitas gambar.


* RASTER DISPLAY

Bitmap atau Raster merupakan gambar yang tersusun dari titik-titik elemen gambar yang disebut piksel. Masing-masing piksel memiliki informasi warna. Jumlah kemungkinan warna yang dapat ditampilkan oleh suatu piksel tergantung pada satuan bit yang dimiliki gambar bitmap tersebut. Gambar bitmap 8 bit berarti piksel-piksel yang menyusun dapat menampilkan kemungkinan warna sebanyak 2 pangkat 8, atau 256 warna. Gambar bitmap dengan resolusi (jumlah piksel setiap satuan ukur) besar, akan terlihat lebih halus dibandingkan yang memiliki resolusi rendah. Resolusi gambar bitmap dinyatakan dalam satuan dot per inch(dpi) atau pixel per inch(ppi).

Foto digital dan gambar hasil pemindaian (scanning) adalah gambar bitmap.
Kadangkala, kita memindai foto dengan resolusi lumayan tinggi, misalnya 300 dpi yang sesuai untuk cetakan seukuran majalah. Ketika dilihat dimonitor komputer, tampak lebih besar karena standar display monitor komputer adalah 72 dpi atau 96 dpi. Maka dari itu, resolusi gambar bitmap yang sesuai untuk keperluan display, misal web adalah 72 dpi.

Lain halnya jika akan kita pergunakan untuk keperluan cetak. Printer memerlukan resolusi yang cukup untuk menampilkan cetakan gambar yang baik, tergantung pada ukuran media cetak dan jarak pandang idealnya. Cetak foto seukuran 10R akan lebih baik jika menggunakan resolusi 300dpi atau lebih. Lain halnya untuk baliho. Jarak pandang yang jauh, tidak akan menampakkan piksel yang ukurannya besar - besar karena menggunakan resolusi rendah, misalnya 50dpi.

Gambar bitmap bersifat resolution dependent. Artinya ketika kita mengubah ukurannya(resample), sulit untuk mengendalikan kualitasnya. Jika kita mengecilkan ukurannya, berarti membuang sebagian pikselnya. Sebaliknya ketika diperbesar ukurannya(bukan zooming) akan terjadi terjadi penambahan piksel diantara ruang piksel yang teregang. Piksel - piksel tambahan akan dikalkulasi agar mirip warnanya dengan piksel disekitarnya. Mekanisme ini disebut interpolasi.

Pembesaran gambar melebihi kemampuan pikselnya akan mengekibatkan efek garis bergerigi(jagged) pada pinggiran objek.

Beberapa contoh format gambar bitmap adalah : BMP, GIF, PNG, TIFF, JPEG, Targa, PICT(MacOS), PCX, serta PSD.

Format PNG, GIF, TIFF, PSD, dan PICT mampu merekam informasi transparansi. Namun GIF hanya mampu menyimpan informasi transparansi 1 bit : transparan atau tidak sama sekali. Jadi transparansi pada format GIF tidak bersifat persial atau gradual. GIF juga hanya bisa menyimpan informasi 256 warna. Untuk mengatasi keterbatasan itulah, format PNG hadir. Namun, beberapa browser internet gaek belum mendukung format PNG, sehingga saat ini lebih banyak digunakan untuk keperluan cetak.



DAFTAR PUSTAKA