Pages

Senin, 19 Desember 2011

mengelola uang pribadi

Sebagai seorang mahasiswa yang masih diberi uang oleh orang tua sudah seharusnya dapat mengelola keuangan pribadi agar tidak menambah beban orang tua yang sudah menjatahkan uang untuk kita.
Berikut cara saya untuk mengelola uang tersebut:
1. Buat Perencanaan

Merencanakan pendapatan dan pengeluaran merupakan titik awal mengelola keuangan. Dengan perencanaan yang baik, kita dapat mengatur kebutuhan dan menentukan skala prioritas kebutuhan mana yang harus didahulukan untuk dipenuhi. Meskipun pada prakteknya seringkali tidak sesuai dengan perencanaan namun setidaknya dengan perencanaan kita akan lebih mudah mencapai tujuan.


2. Memisahkan uang transport

berhubung saya naik angkutan umum atau kadang-kadang menggunakan jasa kereta api saya harus memikirkan berapa transport per-hari yang digunakan setiap kali saya masuk kampus, kemudian memisahkannya.

3. Menjatahkan uang makan

Agar lebih meminimalisir pengeluaran sebaiknya membawa bekal dari rumah meskipun hanya nasi saja, sehingga tinggal membeli lauk di luar nanti. Meskipun begitu sebaiknya kita jatah dahulu per-hari untuk makan.

4. Tidak membeli barang yang tidak berguna

Dalam membeli barang sebaiknya pikir-pikir dulu sebelum membeli, apakah barang tersebut sangat diperlukan pada saat itu atau tidak? jika tidak, sebaiknya acara membeli barang di tunda dengan hanya melihat-lihat saja (hehehe) dan uangnya mungkin nanti bisa dipakai untuk membeli yang lebih dari itu. :)

5. Hemat dan Sederhana

Hemat tidak sama dengan pelit, sederhana tidak berarti menderita. Membelanjakan harta secara sederhana berarti membelanjakan harta sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebihan(boros) namun tidak pelit. Sikap ini bersifat relatif, tidak sama antara satu orang dengan orang lain karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Sederhana tidak berarti harus mengenakan pakaian yang usang dan bertambal, HP yang sudah sering drop atau mengendarai motor yang jago mogok. Sepanjang kita mempunyai dana maka tidak terlarang untuk membelanjakan harta untuk membeli hal yang memang kita perlukan.

6. Ukur kemampuan diri

Jangan bergaya hidup mewah padahal kita tidak mampu. Bahkan Rasulullah selalu hidup sederhana meskipun beliau bisa hidup mewah jika beliau ingin. Tidak perlu gengsi krn barang-barang kita tidak bermerk, murahan atau sedikit kuno sepanjang masih bisa berfungsi dengan baik dan bisa menunjang kegiatan kita
7. Cari Penghasilan Sampingan

Gali dan kembangkan keahlian dan hobi yg kita miliki, jadikan sebagai peluang untuk mendapatkan maisyah/penghasilan. Tidak perlu mengeluh karena kekurangan modal. Sepanjang ada kemauan untuk maju, maka Allah pasti akan memberikan jalan.
Mudah-mudahan teman-teman sekalian bisa belajar berhemat atau mengelola keuangannya dengan baik dan benar.

8. Menabung

Dari sisa uang yang masih ada dalam sebulan itu, seebaiknya di tabung atau di simpan, jikaingin membeli dapat menggunakan uang itu, namun gunakan dengan bijak dan melihat baik atau tidaknya untuk kedepan jika kita membeli, ataau hanya kesenangan sesaat saat menginginkannya.

9. Membuat laporan

Karena zaman sudah canggih kita tidak perlu menggaris-garis atau membuat laporan pengeluaran sehari-hari, karena ada aplikasi yang memudahkan kita untuk meListnya, hanya tinggal memasukkan apa yang kita lakukan dengan uang itu. (Misal: uang awal: 100000, membeli buku : 39000, maka : 10000) dengan begitu kita akan mengingat kemana uang kita, kita pergunakan. :)

10. Bersedekah

Jangan dikira bersedekah akan menguras uang kita, itu SALAH karena dengan bersedekah mungkin pada saat-saat kita sedang memerlukan uang, uang yang kita berikan akan kembali namun bisa saja pada bentuk yang berbeda,, yang pasti sedekah itu kegiatan yang sanngat POSITIF, jadi ga akan rugi deh, mulailah bersedekah dari sekarang, dengan menyisihkan sebagian uang kita. :))

Dengan begitu mudah-mudahan kita tidak seperti peribahasa "lebih besar pasak daripada tiang"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About